Ingin Memiliki Senapan Angin Akurasi Terbaik? Baca Beberapa Cara dan Tehnik Berikut

Berbicara tentang senapan angin para sobat bediler pastilah ingin menjadi seorang penembak yg jitu baik dalam berburu dan lomba kompetisi, dari semua itu tidak terlepas dengan senjata yg sobat gunakan serta punya skill atau kemampuan yg memadai dalam menggunakan senapan angin. Punya senapan angin bagus tapi tidak memiliki kemampuan menggunakannya ya sama saja bohong. Atau Sobat punya kemampuan bagus tapi tidak di dukung dengan senjata yg bagus, Sudah di ibaratkan mati sebelum berperang hehehehee... bercanda ya biar tidak terlalu serius. Nah jadi untuk menjadi seorang penembak yg jitu para sobat bediler harus mempunyai keduanya.
Disini bediler koplak akan berbagi cara agar senapan angin yg sobat miliki bisa mempunyai akurasi yg bagus. Disini bukan membahas senapan angin import yg harganya sangat fantastis tetapi saya hanya akan membahas senapan angin buatan pengrajin lokal ya di sesuaikan kemampuan kita saja. Pembahasan saya antara lain senapan pompa (uklik), senapan gejluk dan senapan angin PCP. Pasti ada sobat yg bertanya-tanya kenapa senapan tipe per/piston tidak di sertakan? Hehehee soalnya saya sendiri belum pernah punya senapan tipe tersebut. Kalaupun ada sobat bediler disini yg pernah menggunakannya dengan senang hati kalau sobat ikut berbagi pengalaman lewat kolom komentar atau langsung hubungi kontak yg sudah tertera di bawah.
Baiklah tidak perlu panjang lebar ngalor ngidul takut sobat yg ikut membaca artikel saya bosen duluan dan senapan angin sobat tidak jadi mendapatkan akurasi yg bagus. Langsung saja kita mulai.
Cara mendapatkan akurasi yg bagus, akurasi senapan terbaru

CARA MENDAPATKAN AKURASI YANG BAGUS PADA SENAPAN ANGIN

A.Memilih Senapan Angin yg nyaman kita pegang saat mempergunakannya untuk yg belum membeli. Untuk yg sudah terlanjur membeli atau mempunyai senapan angin sebaiknya kita yg menyesuaikan cara menggunakannya senyaman mungkin.
B.Teliti bagian-bagian senapan yg terpasang apakah sudah benar-benar terpasang dengan baik. Misal

1.Laras Senapan Angin

Laras senapan angin, laras baja terbaik
Ini adalah sebuah bagian terpenting dalam senapan angin yg berfungsi untuk melontarkan peluru pada senapan angin. usahakan laras senapan angin sudah terpasang dengan baik dan benar-benar lurus tanpa bergeser sedikitpun. Lihat di lubang di ujung laras apakah crowningnya sudah pas di as laras dan perhatikan kerapihannya. Alur Laras tidak boleh kotor apalagi ada cacat walaupun sedikit itu akan sangat mempengaruhi akurasi tembakan sobat.

2.Peredam (Silencer)

Akurasi terbaik, akurasi senapan angin

Sebuah alat tambahan yg berfungsi agar tembakan tidak bersuara keras atau biar suaranya senyap. Disinilah yg sering di sepelekan oleh sobat bediler. Peredam harus terpasang presisi dengan laras, yg harus di perhatikan adalah ulir drat pada peredam dan laras jangan sampai oblak atau goyang untuk menghindari peluru yg keluar dari laras tidak menabrak dinding peredam hal ini sangat mempengaruhi laju peluru sehingga akurasi senapan angin sobat tidak tepat sasaran. Untuk mengakali hal tersebut sobat bisa ganjal dengan silotep pipa pvc atau bahan yg lunak lainya untuk menghindari kerusakan pada drat baik peredam atau laras senapan angin sobat. Dan sobat bisa juga dengan membawa laras senapan dan peredam sobat ke tukang bubut untuk di bubut ulang.

3.Telescope dan visir

Biasa juga di sebut Telle atau riflescope. Sebuah alat untuk membidik target yg nanti akan di tembak. Sama halnya dengan peredam (silencer) yg di pasang harus benar-benar Presisi dengan Laras senapan angin jika miring sedikit saja maka sobat tidak akan mendapatkan akurasi bagus pada senapan angin sobat. Sebaiknya kedua bagian tersebut harus di pasang benar-benar kuat dengan tujuan menghindari getaran pada senapan angin yg akan merubah posisi Visir atau telescope senapan angin sobat.

4.Proyektil/Peluru (mimis)

Tentunya yg pertama kita perhatikan adalah bentuk dan berat. Disini kita bahas senapan angin lokal. Mimis sangat berhubungan erat dengan laras. Untuk laras import saya tidak mau meng endorse (beriklan) yg pasti sobat sudah tahulah kualitas laras import yg seharga senapan lokal di kita udah dapat satu paket senapan komplit. Kembali lagi peluru yg kita gunakan harus menyesuaikan kemampuan laras senapan angin kita. Untuk mendapatkan peluru yang cocok dengan laras, kita harus melakukan beberapa kali uji tes mimis dengan beberapa kali tembakan juga. Mungkin sebuah keberuntungan apabila sobat dalam satu kali percobaan menembak dengan satu jenis peluru sudah mendapatkan yg pas atau cocok dengan laras senapan angin kita. Kadang lebih beruntung lagi apabila pada waktu kita beli si penjual sudah merekomendasikan peluru yg cocok sesuai laras bawaan senapan angin.

5.Trigger / Pelatuk

Trigger, pelatuk, trigger macth, senapan angin

Bagian senapan angin yg berfungsi untuk mengunci sebuah hammer atau pemukul valve yg apabila di tekan akan menghasilkan sebuah ledakan yg bersumber dari udara yg telah di mampatkan dalam sebuah tabung. Untuk pelatuk sendiri demi kenyamanan baiknya di pasangkan kunci triger manual. Agar tidak terjadi ledakan yg tidak kita inginkan ketika triger tersenggol tidak sengaja atau terkena getaran saat senapan jatuh atau terbentur sesuatu pada saat kita menggunakannya. Karena jenis trigger senapan angin banyak (misal : trigger macth, trigger step, Trigger biasa dan lain2) jadi trigger kita buat atau seting senyaman mungkin sesuai senapan angin yg akan kita gunakan untuk berburu (big game, medium game dan small game) dan kompetisi (Benchrest dan Metal silhouete).

5.Power Senapan Angin

Berbicara mengenai power ini bukan bagian alat dalam senapan angin melainkan hasil dari kolaborasi part dan alat-alat di bagian senapan angin. Power dalam senapan angin berburu sangatlah menentukan daya bunuh hewan buruan. Power sendiri di hasilkan dari sebuah tekanan udara (preassure) yg di ukur dengan PSI dan akan menghasilkan sebuah kecepatan peluru yg di ukur dengan FPS dan juga berakhir di sebuah benturan (daya dobrak) antara peluru dan target baik buruan atau target lomba. Untuk akurasi senapan angin yg bagus maka power harus di sesuaikan dengan berat mimis dan kemampuan laras senapan.

6.Tambahan Regulator (Untuk Senapan Angin Pcp)

Regulator adalah sebuah alat yg berfungsi sebagai pembagi udara agar lebih efektif dan juga lebih stabil. Dari cara pemasangan Regulator senapan angin di bagi menjadi 2 yakni
Regulator Tanam : Pemasangannya langsung di tanam dalam tabung senapan angin
Regulator Silinder : karena mempunyai dua drat Cara pemasangan yaitu satu drat di  ruang valve atau ruang ledak dan drat yg ke dua di pasang di tabung (berfungsi sebagai penghubung tabung dan chamber).
Regulator, tembakan stabil, senapan angin
 Regulator sendiri pemasangan hanya khusus untuk senapan angin PCP dan Gejluk, belum tahu nantinya semakin canggihnya teknologi apakah regulator bisa di pasang pada senapan angin pompa (uklik)...? Kita lihat aja nanti.

7.Tekanan Angin (pressure)

Ketika poin 1-5 sudah tidak bermasalah, di bagian terakhir kita tinggal menghafalkan manometer tekanan angin dalam tabung senapan sobat (berlaku untuk pcp dan gejluk tanpa regulator) nah disitu mulai dari awal misal kita isi angin dengan tekanan 2500psi kita langsung mencoba tembakan sampai pada  tembakan di mana titik jatuhnya tembakan mulai melenceng dari target. Sebagai contoh dari 2400psi-2000psi mendapatkan 20x tembakan berarti akurasi tembakan yg bagus berada pada tekanan angin tersebut. Jika sudah di bawah itu baiknya sobat mulai mengisi ulang angin dalam tabung senapan angin.
Dari ke tujuh cara mendapatkan akurasi terbaik senapan angin tersebut di atas sebelum mempergunakan baiknya kita mengecek ulang Akurasi senapan angin kita,tetapi ada faktor yg menentukan juga bila semua itu di lakukan oleh teman atau orang lain maka akan di kembalikan lagi ke pada pribadi masing-masing yaitu ketrampilan menggunakan senapan angin tidak lepas dari skill kemampuan kita masing-masing dalam mempergunakan senapan angin baik berburu atau berkompetisi. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat bediler semua, Trimakasih.

1 Komentar untuk "Ingin Memiliki Senapan Angin Akurasi Terbaik? Baca Beberapa Cara dan Tehnik Berikut"

  1. Permisi saya punya pcp second laras polymax a6 spek br masih baru regul taiwan disc jerman klik disini bisa nego jika rekan rekan berminat dan membantu biaya s1 pendidikan saya terimakasih

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel