Senapan Angin Benjamin Franklin 347 di buru para kolektor

Senapan angin Benjamin franklin made in USA sering di cari-cari oleh para kolektor atau penghobi senapan angin entah sebabnya seperti apa? Saya sendiri kurang tahu untuk yg pernah saya dengar si karena usianya yg sudah sangat tua atau model dan bentuk yg masih di rancang sangat-sangat klasik entah apa yg lain saya sendiri masih mencari tahu sampai saat ini, kenapa senapan sekelas benjamin franklin model 347 made in USA harganya bisa melebihi senapan modern saat ini. Dalam kesempatan ini saya hanya sedikit memberikan ulasan tentang hal-hal yg menjadi salah satu mengapa senapan angin benjamin franklin 347 banyak di buru para kolektor.

senapan angin benjamin 347, senapan antik, senapan angin 347


Benjamin 347 adalah senapan angin dengan tipe single-shot, menggunakan pompa tangan yang dibuat oleh Benjamin Air Rifle Company of St. Louis dari tahun 1969 hingga 1992. Disini saya akan membahas senapan angin model benjamin 347 dengan kaliber 177 atau 4,5mm.

Ada dua variasi senapan angin model benjamin yg satu ini. Model yang pertama adalah ditandai dengan pegangan tangan dengan variasi kotak-kotak di bagian genggaman dan sandaran lengan, senapan ini di buat pada tahun 1969 sampai 1986. Model yg kedua adalah memiliki bentuk biasa atau klasik dan telah dibuat dari tahun 1986 sampai tahun 1992.

Ini adalah model yang membawa Benjamin keluar dari masa lalu dan ke era modern, di mana model penerus 397 dan 392 mengambil alih dan tetap bertahan hingga saat ini. Senapan sebelum yang satu ini adalah model 317. Itu juga merupakan pompa underlever seperti 347, tetapi Benjamin telah menggunakan sebutan model yang sama untuk pompa depan, multi-pompa tipe pushrod yang dibuat sebelum Perang Dunia II .

Munculnya dua senapan angin Benjamin yang berbeda dengan nomor model yang sama ini menyebabkan banyak kebingungan; tapi sekarang Crosman telah mengeluarkan Benjamin Super Streak yang sekarang sudah tidak lagi diproduksi, sebuah senapan piston pegas breakbarrel, sebagian besar kolektor telah mencari-cari atau memburu senapan angin benjamin tersebut.

Ciri-ciri Senapan Benjamin 347

Jenis Senapan Benjamin Franklin ini memiliki berat sekitar 3 kg. senapan ini terbuat dari kuningan asli dengan OD 9 mm. Memiliki panjang laras 60 cm dan memiliki laras full chrome yang berwarna putih. Tabung anginnya juga terbuat dari bahan kuningan dengan od 22 mm. senapan ini merupakan senapan angin dengan jenis pompa tangan. Popor senapan terbuat dari kayu. Disamping itu, senapan jenis ini memiliki visir yang paten dan memiliki ulir dengan laras 9. Senapan ini dapat dipompa standar 3 sampai 5 kali dan pompa maksimalnya adalah 20 kali.

Senapan Benjamin 347

Senapan angin Benjamin 347 pada umumnya umumnya sama yaitu menggunakan sistem multi-pompa bawah yang berjalan sebelum dan sesudah waktunya, tetapi jangan berpikir tidak ada perbedaan. Selama bertahun-tahun, bahwa senapan angin 347 hanyalah senapan angin benjamin 397 yang telah diciptakan terlebih dahulu; tetapi keduanya terlihat ada  beberapa perbedaan. Yang pertama adalah panjang keseluruhan laras. Benjamin 347 panjangnya hanya di bawah 34-1 / 2 inci, sedangkan 397 memiliki panjang 36-3 / 4 inci secara keseluruhan. Semua perbedaan itu muncul ketika di lakukan pengetesan dengan menembakan sebuah peluru atau mimis, karena aksi laras persis sama. Ini sangat penting, karena panjang laras menentukan kecepatan maksimum yang bisa dicapai dan akan mendapatkan sebuah akurasi sebuah tembakan.

benjamin franklin 347 made in usa


Senapan angin 397 yg  pertama terlihat sangat mirip dengan 347. Namun, seiring waktu, fitur-fitur tertentu - seperti tempat keselamatan ditempatkan dan cara kerja pandangan belakang - telah berubah . Saat ini, 397 adalah senapan yang sangat berbeda, meskipun pada intinya senapan ini masih menggunakan sistem multi-pompa dengan kemampuan yang sama seperti kebanyakan senapan angin sampai saat ini serupa.

Tarikan pada 347 hanya 13 inci, yaitu sekitar 7/8 inci lebih kecil dari 397 dan sekitar 3/4 inci lebih besar dari 397 karabin. Saya membandingkannya dengan spesifikasi yang diberikan Mac untuk 397C, dan ternyata hanya sedikit lebih panjang dan lebih berat. Jadi, ini adalah senapan angin yang lebih kecil, namun tetap berukuran untuk orang dewasa.Keamanan terletak di bagian belakang pelatuk dan merupakan tipe dorong-tarik yang mirip dengan banyak pengaman senapan angin, dan semua di lakukan secara manual.

Pemicunya adalah fitur menarik lainnya. Meskipun cukup sederhana dalam desain dan pengoperasian, tidak terlalu berat. Tarikanya juga cukup konsisten. Itu di bawah tiga pound dan sedikit lebih baik daripada pemicu senapan angin model yg lain  yang kita lihat pada multi-pompa pompa dan popor sangat lebar terlihat sangat terasa nyaman kalau di gunakan. Itulah salah satu alasan kolektor mencari senapan angi tersebut.

Visir atau alat bidik

Tampak belakang dapat disesuaikan di kedua arah, meskipun kedua penyetelan itu kasar. Untuk mengatur angin, longgarkan sekrup belakang pada daun penglihatan dan dorong seluruh penglihatan ke arah yang di inginkan. Untuk ketinggian, ada lift bertingkat yang berada di bawah daun belakang. 

Takik pandangan belakang sangat lebar dibandingkan dengan bilah depan. Sedikit cahaya ekstra di kedua sisi bilah depan bagus, karena memungkinkan membingkai bilah depan tepat di tengah. Tapi ini sepertinya terlalu berlebihan; dan karena akurasinya tidak di ragukan lagi banyak kolektor memburu karena antik dan unik.

Senapan angin benjamin 347 memiliki visir yg nyaman saat membidik di karenakan semuanya terbuat dari bahan kuningan. Meskipun receiver pada semua pneumatik Benjamin terbuat dari kuningan yang mudah dibor, ini adalah langkah ekstra yang tidak akan diambil oleh kebanyakan orang; tetapi jika lubangnya sudah ada, cukup banyak yang akan memutuskan untuk mencoba membidik sebuah sasaran dengan cara  mengintip.

Intermount yang pas pada laras senapan seperti ini sangat rentan untuk patah pada sambungan jadi tidak di perbolehkan mensolder laras ketika mengalami kerusakan kalau tidak di serehkan pada ahlinya. Gunakan pemandangan terbuka pada multi-pompa yang lebih tua ini. Tentu saja, ada basis penerima untuk senapan Benjamin modern yang mengubah segalanya, tetapi tidak tahu apakah itu akan berfungsi pada penerima profil lama seperti yang ditemukan pada 347.

Perawatan

Meskipun suku cadang umumnya tidak lagi tersedia untuk model lama seperti 347, ada banyak tempat-tempat servis yang membuat dan memodifikasi suku cadang untuk senapan angin seperti ini. Jadi, para kolektor senapan angin benjamin 347 tidak perlu kuwatir karena jika mengalami kerusakan bisa diperbaiki dan dibangun kembali. Batang piston pompa di senapan dapat disesuaikan untuk keausan. Saat daya turun, batang pompa dapat diputar untuk membuat kepala piston lebih dekat ke katup masuk, sehingga mendorong lebih banyak udara bertekanan ke dalam katup / reservoir saat senapan dipompa. Ini bukan cara untuk memacu senjata, tetapi untuk menyesuaikannya kembali ke performa aslinya supaya saat memompa senapan angin tidak terasa berat.

cara merawat senapan angin

Secara alami, perawatan terbaik untuk senapan angin seperti ini adalah menjaga kepala pompa tetap lembab dengan minyak pelumas atau cukup menggunakan minyak goreng biasa agar mengurangi keausan setelah lama di pakai terus menerus, minyak tersebut membantu menjaga gesekan pada dinding tabung kompresi saat bergerak. Untuk perawatan jangka panjang, tinggalkan sedikit udara di dalam tabung senapan angin  saat disimpan. Itu berfungsi untuk menahan katup terhadap kotoran di udara yang dapat dengan cepat merusak. Sebuah senapan yang disimpan diharapkan berfungsi sampai bertahun-tahun kalau di rawat dengan benar dan tepat.

Nama Benjamin franklin

Saya sendiri masih belum begitu mengerti Senapan bertuliskan "Benjamin Franklin" di sisi kiri tabung. itu adalah plesetan dari nama perusahaan Untuk beberapa alasan yang tidak bisa di pahami, orang dewasa di usia 60-an masih belum mengerti dan mengira senapan itu disebut Benjamin Franklin. Tidak ada yang membuat banyak orang tahu tentang sejarahnya nanti kalau saya sudah mengetahuinya akan segera saya tuliskan di artikel berikutnya. Semua Benjamins terbuat dari kuningan padat. Faktanya, semuanya terbuat dari kuningan padat di bawah garis finis. Dan bahkan sampai saat ini masih juga terbuat dari kuningan.

Menempatkan berbagai hal ke dalam perspektif

Tampilan pada senapan 347 adalah melihat kembali ke sejarah. Senapan ini dibuat saat Sheridan Blue Streak lama dengan keamanan rocker klasik dibuat dan harus setara dengannya dalam banyak hal kecuali tenaga. Sebagai .177, senapan ini akan selalu keluar dari uji daya karena pneumatik biasa mendorong pelet berat untuk mendapatkan tenaga yang lebih besar. Namun, kecepatannya akan lebih besar untuk senjata kaliber yang lebih kecil. Jadi ada keseimbangan. Ini harus menjadi senapan angin yang sangat menyenangkan saat  mempergunakan senapan angin ini bermain di lapangan atau berburu di hutan.

Itu sedikit info yg saya sendiri kurang begitu mengerti kenapa harga senapan model jadul itu bisa di hargai puluhan juta kolektor di lihat dari spek saja sangat jauh dari kualitas senapan modern saat ini dari segi bahan dan desainnya juga.

7 Komentar untuk "Senapan Angin Benjamin Franklin 347 di buru para kolektor"

  1. Terima ya Bang, ats pencerahanya sngat bermanfaat...🙏

    BalasHapus
  2. Terima kasih Bang, kebetulan saya masih memiki warisan senapan ini, layak untuk dirawat untuk barang antik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bersyukur masih bisa memiliki senapan angin benjamin fransklin...

      Hapus
    2. Anonim6/17/2022

      Mimis yang ideal untuk senapan Benjamin Franklin merk apa ya? ..

      Hapus
    3. Usahakan cari mimis dengan berat di bawah 11 graine dan kepala bulat

      Hapus
  3. Kalau mau jual sekarang pasaran berapa om

    BalasHapus
  4. Apakah semua jenis Benjamin Franklin asli impor ada tulisan air hole do not oil nya.dan yg asli itu alurnya berapa.mohon penjelasannya bagian ini.terima kasih

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel