Beberapa Fakta Menarik Senapan Spring PISTON

Senapan Piston spring adalah jenis senapan paling umum di masyarakat, di samping PCP tentunya. Ini dikarenakan senapan jenis pegas juga mudah dijumpai. Namun, tahukah temen-temen bahwa spring piston (pegas) juga memiliki sejumlah fakta menarik yang belum di ketahui sebagian masyarakat yg awam tentang senapan Pegas tersebut. Di bawah ini akan Saya tunjukkan beberapa fakta dari senapan keren tersebut.


1.Sangat Mudah cara Penggunaannya 

Inilah keistimewaan pertama dari Senapan spring piston.Tinggal kita ambil senapan PISTON tersebut (bagi yg punya senapan piston lohhh ya :D :D :P), Langsung mengokang laras dengan cara menekuk ya,,, bukan mematahkan, dan langsung masukan mimis tinggal tarik trigger langsung Jedor! Sangat jauh berbeda dengan CO2 (AIRSOFT GUN) atau Senapan angin PCP yg mesti ribet harus ganti tabung atau mengisi angin ulang ketika tekanan angin sudah turun atau habis.Karena dari segi fungsinya juga beda klo senapan Pegas/piston biasa di gunakan untuk berburu klo Senapan CO2 dan PCP kebanyakan di gunakan untuk olah raga atau kompetisi.

2.Sangat Mudah Dalam Perawatan

Betul sekali senapan spring piston cenderung awet sehingga tidak memerlukan perawatan khusus. Karena part yg di dalam tidak terlalu banyak dan rata2 menggunakan bahan-bahan berkualitas yg cara merawatnya tidak harus repot tinggal kita olesin minyak pelumas khusus aja satu atau 2x per bulan udah cukup.

3.Lebih Berisik Dari PCP dan CO-2

Ini disebabkan oleh piston yang bergerak dengan sangat cepat kemudian berhenti tiba-tiba. Karena spring piston menggunakan energi kinetik, energi tersebut harus disalurkan untuk diubah menjadi energi panas dan Angin. Sehingga,  tidak hanya dapat merasakan getaran saat menarik pelatuk, melainkan ikut mendengarnya juga. Itulah mengapa, harus memerhatikan dengan baik, terlebih ketika sedang berburu. Jarak dengan target juga harus diperhitungkan. Jika Anda berada dalam jangkauan yang cukup jauh, 50m lebih maka tidak masalah. Tapi, tetap saja kebisingan tidak dapat Anda redam. Solusinya, ketika memutuskan untuk berburu dengan Spring Piston, carilah lokasi yang bener-bener sunyi.

4.Menjadi Aus dari Waktu ke Waktu 

Layaknya benda-benda lain yang senantiasa bergerak, semuanya akan mengalami keausan di saat-saat yang tepat. Begitu pula dengan spring piston. Ini bukan tanpa alasan jelas. Penggunaan yang kasar, misalnya dijatuhkan/dikokang seenaknya, termasuk menggunakan senapan terlalu sering dibanding senapan lainnya juga perlahan akan mengurangi usia pegas.
Sebagian penembak yang melakukan perawatan terhadap senapan angin pegasnya secara mandiri. Akan tetapi, sebenarnya itu tidak disarankan. lebih baik membawanya ke tukang servic senapan angin yg lebih berpengalaman untuk menghindari resiko yg tidak kita inginkan, agar dapat ditangani oleh ahlinya. Karena mengganti pegas bukanlah pekerjaan sembarangan.

5.Sulit Mempertahankan Tingkat Akurasi 

Menggunakan senapan angin pegas membutuhkan skill untuk dapat menembak akurat. Ini bisa jadi ditengarai oleh permasalahan pengguna, atau teknik operasionalnya. Sedikit bergerak saja tembakan udah jauh meleset bukan karena gerakan kita tapi tekanan yg ada dalam konstruksi senapan tersebut jadi benar-benar harus mempunyai kemampuan khusus untuk menggunakan senapan spring piston tersebut.
lihat juga "Hal yg harus diperhatikan untuk AKURASI Senapan Angin"

6.Sudah Menjadi Koleksi

Jenis spring piston telah ada sejak lama, lebih dari seratus tahun dan desainnya tidak banyak berubah hingga sekarang. itulah mengapa orang-orang menyukainya dan di jadikan bahan koleksi.

7.Tetap mengagumkan dengan berbagai mekanisme pemakaian

Setidaknya ada cara untuk memiringkan piston agar kita lebih nyaman dalam menggunakannya

  • Break barrel, yang mana laras nya mempunyai engsel dan dipindahkan ke bawah. Jika ditarik turun, akan menurunkan senapan.
  • Fixed barrel, di sini kita tidak perlu menyentuh laras sama sekali. akan tetapi, risikonya adalah bisa saja memecahkan/merusak laras jika terlalu kasar yang pada akhirnya dapat mengurangi tingkat akurasi. Selain itu, Anda juga dapat memiliki side lever, under lever dan over lever. 


Itulah Beberapa fakta menarik tentang senapan spring piston yang mungkin temen-temen belum  ketahui. Kalau temen-temen punya pengalaman yg menarik tentang senapan angin piston atau pegas silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Fakta Menarik Senapan Spring PISTON"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel