Fungsi FFP dan SFP pada telescope Senapan Angin (Riflescope).

Sebelum membahas fungsi ffp dan sfp sebaiknya sobat harus mengerti dulu arti ffp dan sfp yg menjadi sebuah bidang bagian pada skope senapan angin (riflescope). Scope dengan reticle mil dot yg disebut FFP dan SFP.
Mildot Ffp dan sfp, telescope ffp dan sfp, arti ffp dan sfp
Disini saya akan menjelaskan Fungsi FFP dan SFP secara terpisah karena memang  keduanya sangat beda fungsi. Ini yg sering membuat teman-teman bediler suka salah menyebut dan terkadang kebingungan pada saat mau membeli skope senapan angin (riflescope). Baiklah kita langsung mulai untuk masuk pembahasannya berikut ini:

1.Pengertian dan fungsi FFP

a.Arti ffp pada skope senapan angin.

FFP kepanjangan dari first focal plane sebuah bagian pembesaran atau zoom pada lensa retikle yg memberikan penglihatan fokus pada obyek pada titik atau jangkauan tertentu dan memiliki perbesaran lensa yang kuat, mil dot pada reticle akan ikut membesar. Begitu juga sebaliknya.

b.Fungsi ffp pada scope.

FFP sendiri berfungsi untuk pembesaran/zoom sebuah obyek bidikan yg terletak di jarak yg jauh sekitar 50-100m bahkan untuk scope sniper jenis ffp bisa menjangkau jarak ribuan meter.
Scope jenis ffp ini harganya cukup mahal karena kalau dalam militer sniper atau penembak jitu wajib menggunakan skope model ffp. Kalau dalam bidang senapan angin biasanya di pakai untuk berburu dan kompetisi.
Telescope ffp, teleskope ffp, fungsi ffp pada scope
Dalam berburu biasannya si penembak suka bermain longerange atau jarak jauh (50-100m) sesuai kemampuan senapan angin yg di miliki. Kalau untuk kompetisi atau lomba senapan angin pemakaian ffp sangatlah cocok, karena perubahan pembesaran retikle dan obyek sasaran akan tetap membesar mengikuti pembesaran yg di inginkan dan juga jenis scope ini biasanya berjenis mil dot, retikle pada lensa sangat tipis dan tidak mengganggu atau menutupi target. Jadi akurasi tembakan akan benar-benar sangat akurat.

2.Pengertian dan Fungsi SFP

a.Arti sfp pada scope senapan angin.

SFP adalah kepanjangan dari second focal plane. Scope jenis ini adalah scope yang biasa sehari-hari kita temukan. Cirinya adalah reticle dan mil dot tidak akan berubah-ubah ukurannya pada saat kita melakukan perubahan pada daya perbesaran lensa.
Arti scope ffp dan sfp, fungsi ffp dan sfp, memilih teleskope
Scope jenis ini hanya di-setting untuk dapat melakukan perhitungan yang riil pada satu daya perbesaran. Banyak yang mengatakan perhitungan riil dapat dilakukan pada perbesaran yang paling kuat. Pernyataan ini harus dibuktikan kebenarannya.

b.Fungsi SFP pada scope.

SFP sendiri di liat dari pembesaran atau zoom yg ketika turet di putar lensa akan membesar akan tetapi ukuran retikle tetap tidak berubah sesuai ukuran pembesaran yg ada pada skope.
Skope jenis sfp ini sangatlah umum di pakai oleh para sobat bediler dengan jarak tembakan yg tidak terlalu jauh sekitar 10-30m. Karena jika menembak dengan jarak terlalu jauh ketika turet di putar ke zoom yg paling tinggi akan menghasilkan tembakan yg melenceng atau sia-sia. Ini di karenakan ketika di jarak tertentu perkenaan sebuah sasaran ketika zeroing normal dan ternyata akan menembak dengan jarak yg lebih jauh dan jika sobat berfikir akan memutar turet biar bisa melihat sasaran lebih besar maka lebih jangan di lakukan karena tembakan akan jauh melenceng dari sasaran (kecuali penembak sudah mengerti atau menghafal karakter scope pada senapan anginnya.
Hanya itu saja sedikit penjelasan tentang Fungsi Ffp dan Sfp pada telescope. Nah dari penjelasan di atas jika sobat ingin membeli skope senapan anginnya,sobat harus mempertimbangkan dan membandingkan dulu karakter senapan angin yg di miliki sobat bediler di peruntukan untuk apa?


Dari ketiga peruntukan senapan angin tersebut sobat sudah pasti tau jenis dan tipe teleskope apa yg mau di jadikan pelengkap senapan angin sobat di rumah. Semoga penjelasan tentang Fungsi Ffp dan Sfp pada scope atau riflescope di atas bisa membantu untuk di jadikan rekomendasi buat semua sobat bediller, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi FFP dan SFP pada telescope Senapan Angin (Riflescope)."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel